Cyanotype: Penggunaan Alternative Photography Process Dalam Proyek Fotografi Botani

Istilah proses alternatif mengacu pada proses pencetakan foto non-komersial. Proses alternatif sering disebut old print atau old photography process. Pada umumnya proses alternative photography mengacu pada proses penciptaan gambar melalui media fotografi yang digunakan pada awal penemuan fotografi dan media peka cahaya. Di antara alternative printing photography process yang populer saat ini salah satunya adalah cyanotype dimana proses ini umum dilakukan karena relatif sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Dalam perkembangan awal penemuan cyanotype, seorang botanis dan illustrator bernama Anna Atkins secara intensif menggunakan teknik cyanotype dalam serangkain penelitiannya terhadap tumbuhan. Proses cyanotype dinilai lebih terjangkau secara ekonomi dibandingkan dengan proses fotografi lainnya pada masa itu, dan dinilai cukup akurat dalam merepresentasikan tumbuhan. Adapun hal yang dapat menjadi buah pikir bagi kita, apakah proses ilustrasi botani menggunakan teknik cetak alternatif pada masa kini masih tetap dianggap sebagai ilustrasi botani?

Narasumber: 

Djoyosantyo Joachim
Djoyosantyo Joachim memulai ketertarikan dengan dunia fotografi melalui klise negatif dan arsip foto keluarga pada sejak masa anak-anak. Melanjutkan studi fotografi di program studi fotografi fakultas desain dan seni rupa Universitas Trisakti yang kemudian memutuskan untuk menjadi pengajar. Lokakarya yang pernah ia ikuti diantaranya Klavdij Sluban Photo Workshop dan Photo Book Workshop oleh Markus Schaden. Kini ia bekerja sebagai fotografer, staf pengajar program diploma Lasalle College Jakarta, dan pengajar paruh waktu di Pannafoto Institute.


Ichsan Suwandhi 
Ilustrasi botani menjadi bagian penting dalam kehidupan Ichsan Suwandhi atau akrab dipanggil Prince Ichank, Dosen SITH ITB, yang memiliki latar belakang pendidikan formal di Ilmu Kehutanan dari S1 hingga S3 dan Pendidikan Profesi Insinyur Kehutanan di ITB. Berawal dari keasyikan dalam profesinya di bidang kehutanan, ia memiliki kesempatan mendokumentasikan kekhasan dan kelangkaan dari berbagai tumbuhan ke dalam ilustrasi botani ketika eksplorasi hutan. Karya yang ia buat hampir seluruhnya menggunakan media pensil dengan goresan konvensional dan cenderung sederhana agar memudahkan pembelajaran, pengenalan tumbuhan bagi pelajar, mahasiswa, serta komunitas pecinta flora hutan. Ia aktif mengikuti pameran seni botani baik nasional maupun internasional. Beberapa karyanya telah dipamerkan di pameran nasional Ragam Flora Indonesia (RFI) 2 dan 3. Pameran internasional yang pernah diikutinya adalah Margaret Flockton Award for Scientific Botanical Illustration yang disenggarakan oleh The Royal Botanic Garden Sidney, Australia yang setiap tahun diikutinya sejak 2018.

Reza Raihandhany (Moderator)

The event is finished.

Date

Sep 22 2023
Expired!

Time

9:00 am - 11:00 am

Location

AV Room NuArt
Jl. Setraduta Raya L6 Bandung

Organizer

NuArt Sculpture Park