From Roots to Roofs: Cultivating Harmonious Symbiosis through Plant-Based Architecture with Bamboo

Seminar ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep arsitektur desain berbasis tanaman, dengan fokus pada integrasi morfologi tanaman dan material bambu yang serbaguna. Ini akan mempelajari prinsip-prinsip desain berkelanjutan, kualitas tanaman yang melekat, dan atribut bambu yang luar biasa sebagai bahan bangunan. Seminar ini berusaha untuk menginspirasi para arsitek, desainer, peneliti, mahasiswa, dan profesional industri untuk merangkul simbiosis yang harmonis antara arsitektur dan alam.

Narasumber: 

Ihak Sumardi, Ph.D.

Ihak Sumardi, Ph.D. adalah dosen dan peneliti di Kelompok Keilmuan Teknologi Kehutanan, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati – Institut Teknologi Bandung (SITH ITB). Ia lahir di Bandung pada tahun 1970 dan mendapatkan gelar Ph.D. di bidang Biological Resources Sciences dari Gifu University, Jepang. Ihak memiliki fokus kajian penelitian dalam bamboo-wood strandboard manufacture. Pengaplikasian bidang penelitian Ihak dalam pengeringan dan pengolahan bambu diterapkan bersama P.T. Spedagi, suatu pengerajin sepeda bambu yang berlokasi di Temanggung, Jawa Tengah.

Yenny Gunawan
Yenny Gunawan adalah Kepala Penelitian dan Pengembangan Desain di Pusat Studi Desain Lingkungan Adaptasi dan Ketahanan (CAREDs), Universitas Katolik Parahyangan sejak 2016. Pada tahun 2020, ia mendirikan Nenun Ruang, sebuah platform pendidikan terbuka yang berfokus pada pengembangan keragaman desain dan keahlian di Indonesia. Ia telah meneliti dan menerbitkan makalah tentang arsitektur vernakular sejak lulus dari Universitas Oxford Brookes, Inggris. Sejak tahun 2011, ia telah mengembangkan masyarakat pedesaan di Sumba Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Barat dan Utara melalui berbagai proyek; seperti desain sekolah, membangun hunian komunitas, dan perencanaan tata ruang berbasis penelitian untuk komunitas tradisional. Saat ini, minat penelitian dan desainnya adalah tentang tektonik, materialitas, seni sambungan, dan pengembangan metode desain pengalaman langsung.  

Theodorus Alvin
Lulus dari Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2018, ia memulai perjalanan arsitektur yang berangkat dari gairahnya pada desain dan konsultasi konstruksi yang berfokus pada dunia perhotelan dan hunian kompleks. Sepanjang karirnya, ia secara alami tertarik pada seni konstruksi bambu. Dengan terampil ia menyelaraskan fungsionalitas dan keanggunan material bambu, sembari memperdalam keahliannya dalam berbagai bahan bangunan. Keahlian khususnya ini membawa ia ke salah satu konsultan bambu ternama seperti IBUKU, Bali. Saat ini Alvin menjabat sebagai Arsitek Senior di Pablo Luna Studio, ia terus berkembang di lingkungan yang mendorong pembelajaran dan inovasi berkelanjutan dalam arsitektur bambu.

Emeraldi Kumastyo Parameswara (Moderator)

The event is finished.

Date

Sep 21 2023
Expired!

Time

4:00 pm - 6:00 pm

Location

AV Room NuArt
Jl. Setraduta Raya L6 Bandung

Organizer

NuArt Sculpture Park