The Power of Arts : Self-knowing, Self-care, and Self-improvement

Berkesenian bisa dilakukan oleh siapapun dan di manapun dengan inspirasi dari hal-hal yang ada sekeliling kita, terutama alam sekitar. Dengan berkesenian, kita dapat membangun mental kreativitas yang sangat dibutuhkan sebagai dasar perkembangan diri lebih jauh dalam menghadapi berbagai tantangan dalam keseharian kita.

Melalui talkshow ini kita bisa memberikan ruang diskusi tentang pengaruh berkesenian yang terinspirasi dari alam, proses yang dilakukan dan ketika dipraktikkan, serta membahas manfaat dari berkesenian tersebut.

Narasumber: 

Gita Eka Pratiwi
Seorang psikolog yang menekuni bidang pendidikan dan industri-organisasi dan menamatkan Magister Profesi Psikologi-nya di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Semenjak kecil ia sudah sangat menyukai seni rupa. Kemudian sejalan waktu, ia menemukan minatnya di seni rupa realisme dengan menggunakan media pensil grafit, charcoal dan pensil warna. Beberapa tahun terakhir, ia mulai mengeksplorasi dan jatuh cinta dengan seni botani. Selain dari akurasi dan detail-oriented yang menjadi ciri khas dari seni botani, daya tarik estetis dari berbagai tanaman juga membuatnya semakin tertantang untuk mengeksplorasi lebih jauh seni yang memadukan aspek ilmiah dan seni lukis ini. Di sisi lain, ber’kesenian’ juga menjadi sarana ekspresi dan strategi regulasi emosi yang efektif bagi dirinya. Sekaligus untuk membangun self-awareness dan acceptance yang penting untuk menjaga kesehatan mental.

M. Fathi Ata’al-Rahman
Lahir di Bandung pada tahun 2008. Ia senang menggambar sejak dini, mulai dari corat-coret, menggambar tanaman, hingga hal-hal sureal. Tanaman menjadi salah satu inspirasinya dalam berkarya, terutama anggrek. Berkarya baginya adalah proses memahami tujuan hidup. Ibarat kanvas kosong tanpa gambar, kita sebagai manusia perlu memiliki tujuan untuk menjalani dan menuliskan kisah hidup.

 

Wilman Hermana
Sebagai “creARTive explorer” Wilman Hermana menggambarkan dirinya dalam aktivitas #senirupaseharihari, seperti berbagi ilmu, bereksperimen bersama anak-anak hingga mahasiswa, berinteraksi dengan masyarakat, berkolaborasi bersama teman-teman seniman, dan mengadakan pameran karya. Kata ‘eksplorasi’ paling sering ia sebut ketika beraktivitas di semAta. Eksplorasi berarti melakukan sesuatu secara berulang dan terus-menerus hingga terjadi proses kesadaran. Melalui kesadaran seseorang dapat memaknai dan membuat keputusan sesuai nurani sehingga bermanfaat bagi orang banyak.

Melissa Luckyanti – D’funstation (moderator)
Psikolog klinis anak dan remaja dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dalam membantu anak-anak, remaja, dan keluarga mengatasi tantangan kesejahteraan psikologis. Spesialis dalam terapi perilaku dan penanganan anak berkebutuhan khusus. Aktif dalam memberikan psikoedukasi kepada masyarakat luas dan tergabung menjadi Pengurus Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Jawa Barat.

The event is finished.

Date

Sep 19 2023
Expired!

Time

9:00 am - 11:00 pm

Location

Dewi Uma Dome NuArt
Jl. Setraduta Raya L6 Bandung

Organizer

NuArt Sculpture Park